KONSER IWAN FALS EDISI “TANAH”

Sabtu 11 Juni 2011 Panggung Kita yang terletak di kediaman Iwan Fals kembali mengadakan Konser lanjutan dari Keseimbangan yang bertema “TANAH”.  Konser kali ini pun tak seperti biasanya, soalnya pintu gerbang sudah mulai di buka sejak pukul 13.30 Wib dikarenakan ada pementasan kebudayaan Daerah Khas Bengkulu. Penonton pun sudah mulai bisa memasuki arena lapangan dengan panggung sederhana untuk pementasan tersebut.

Pukul 15.00 Wib acara pementasan kebuadayaan dari Bengkulu pun berakhir, Penonton langsung merangsek ke Pintu Gerbang Utama dimana akan dilangsungkan konser Iwan Fals, para penonton sudah gak sabar ingin segera melihat aksi sang maestro beraksi dengan suara dan petikan gitar ciri khas’nya.

Pukul 15.30 Wib Acara pun di mulai, dengan penampilan 2 Band Pembuka yang tiada lain adalah  Band-band pemenang kompetisi Festival Band yang di adakan oleh manajemen Iwan Fals dan Tiga Rambu.

Penampilan Band pertama berasal dari Sumedang Jawa Barat, Mereka membawakan 2 lagu satu ciptaan mereka sendiri, dan satunya lagu karya Iwan Fals Yaitu ” Lagu Satu”. Penonton begitu terpukau dengan alunan suara sang Vokalis yang bernama “Herri” yang hampir mirip dengan suara Iwan Fals. Tak Biasanya Penonton begitu terpesona melihat aksi Band pembuka, apalagi yang belum punya nama seperti Band “BADAI” asal Sumedang Jawa Barat ini.Tapi penonton kali ini memberikan Applause yang begitu meriah untuk penampilan Band ini.

Para penonton berdecak kagum mendengar lengkingan suara sang Vokalis yang benar-benar pas banget saat mendendangkan “lagu satu” yang diambil dari Album Hijau milik sang legenda itu.

 

Yang tak kalah menarik dari Band ini adalah, salah satu personel Band ini adalah penyandang Cacat. Dia Adalah “Yana” sang gitaris Band ini yang begitu Fenomenal, Yana tak mempunyai kaki dan hanya mempunyai kedua tangan itupun tak begitu sempurna. Karena kedua tangan Yana ini mengalami kecacatan yang luar biasa dan sangat terbatas untuk bisa melakukan aktivitas. Tapi Kecacatan tak menyurutkan langkah Yana untuk bisa mengembangkan kemampuannya bermain gitar dan sangat terbukti permainan gitar yana sangat-sangat luar biasa. Penonton bertepuk tangan sambil berdiri memberikan apllause kepada Yana dan rekan-rekan “Badai” Band ketika permainan mereka sudah selesai.

Band kedua pun tampil dipanggung, dengan gaya yang wah, para penonton mulai mengoceh dan tak begitu menghiraukan penampilan Band kedua ini padahal Band ini adalah Band pemenang Festival itu.

Setelah Kedua Band Pembuka berlalu, Sambutlah Iwan Fals kata sang MC sambil disusul keluarnya sang legenda yang sudah di tunggu sejak dari tadi oleh para penonton. Iwan Fals menyapa para penonton dan mengucapkan terima kasih telah mau hadir di Panggung Kita. Iwan terus berbicara bahwa Bumi ini terdiri dari tanah maka kita harus terus menjaganya, Para penonton yang sudah tidak sabar dari tadi terus berteriak dan menyoraki Iwan yang mau ngomong. “Iwan akhirnya ngomong, Tadinya skenarionya saya ngomong dulu mau menceritakan sejarah saya beli tanah disini, tapi di sorakin mulu ya udah sekarang nyanyi aja deh… Petikan gitar Iwan pun terus  mengalun di iringi Alunan harmonika. Penonton pun dengan penuh antusias berdiri dan menyambut dengan koor yang bagi penonton sudah tak asing lagi, ya.. lagu pembuka dari Iwan pun berjudul “Ujung Aspal Pondok Gede” Mereka ikut berteriak bernyanyi bersama sang legenda dengan gagah nya.

Lagu Ujung Aspal pun berakhir, Iwan berbicara lagi tapi penonton kembali berteriak lanjuttttttt… Iwan pun hanya bisa melempar  senyummelihat para penonton yang tak sabar ingin bernyanyi lagi, “Saya pikir, ngapain orang-orang tinggal di Jakarta. Jakarta cuma tempat cari duit, kalau duit sudah terkumpul mending hijrah ke kampung. Jakarta sudah habis,” ujar Iwan Fals.

Usai berkata demikian, Iwan Fals langsung menyambut dengan lagu kedua, “Jakarta Sudah Habis”, yang bercerita tentang tanah Jakarta yang semakin rusak, hidup di Jakarta yang kian berdesakan, air dan sungai kotor serta makin tercemar.

Saya yakin kalian tak akan tahu dengan lagu ini ujar iwan sambil memetik gitar… Tapi Bukan anak Oi namanya kalo gak hapal dengan fasih diluar kepala ketika mendengar petikan gitar sang maestro mereka pun langsung ikut bernyanyi bersama, ” Lagu 2 (Jakarta).

Diantara banyaknya para penonton, ada sosok unik yang selalu hadir dan berpakaian compang camping yang dikalangan anak Oi sudah tak asing lagi, dia adalah Opals yang selalu berpakaian nyentrik bak orang gila, tapi dia sebenernya begitu baik. Penulis sempet mengabadikan berpoto bersama dengan beliau, satu kebanggaan bagi penulis bisa poto bareng dengannya. Ketika diajak salaman sama penulis Opals langsung memeluk hangat dan dengan jiwa yang sederhana beliau merangkul kami dan menganggap kami adalah bagian dari keluarga. Sangat tersentuh sekali ketika mengenalnya, tak seperti model pakaiannya yang compang camping tapi jiwanya ternyata begitu bersahaja. Opals adalah sahabat sejati kami, Opals adalah sosok penggemar panatik sang legenda Iwan Fals yang selalu hadir dimanapun Iwan Konser.

Lagu keduapun berakhir, Iwan Fals memanggil group Band Gigi dimana di serial konser kali ini Iwan menggandeng Group Band tersebut.

Arman Maulana pentolan Group Band menyapa para penonton dengan pekikan Oi.. disambut meriah dan dibalas dengan pekikan yang sama, Iwan pun sempet berbincang-bincang dengan para personel Gigi, tapi para penonton malah menyorakinya, apalagi ketika Basis Band Gigi mencoba berbicara tentang kekaguman dia kepada Iwan Fals, penonton malah semakin tak terkendali. Akhirnya Gigipun langsung bernyanyi, tapi anehnya para penonton malah terdiam, tak ada yang berjingkrak-jingkrak seperti pas Iwan bernyanyi tadi justru para penonton malah duduk semua. Bak di Komando semua penonton dari yang terdepan sampai yang terbelakang semuanya pada duduk khidmat dan tak menyimak lagu yang lagi dibawakan Arman Maulana dkk. Sungguh suatu kejadian yang aneh dan luar biasa menurut penulis, Salah satu Band terbesar di negeri ini seperti “GIGI” malah di cuekin habis-habisan sama para Oi.

Para penonton semakin cuek dan tak memperdulikan lagi keadaan di panggung pada saat Arman Maulana lagi beraksi, sampai-sampai ketika lagu pertama usai, kita lanjut ke lagu berikutnya pekik “Arman” tapi para penonton masih saja terdiamdan duduk santai, kalian yakin gak mau berjoget?? pekik “Arman kepada penonton, tidakkkkkkkkkkkkkkk jawab penonton serentak membahana memenuhi lapangan tempat konser berlangsung. Kelompok Gigi pun langsung meluncur dengan Hitsnya yang berjudul “JOMLO” Tapi penonton tetap tak tertarik dengan dentuman dan hentakan music yang di sajikan Arman Maulana dkk itu. Berturut-turut gigi membawakan lagu-lagu milik albumnya sendiri, Tapi para penonton malah berteriak kencang sambil memanggil manggil Iwan Iwan Iwan pekik penonton semakin membuncah. Teriakan penonton terus seperti itu dan akhirnya Iwanpun hadir lagi di panggung.

Kemunculan Iwan bisa meredam emosi penonton yang sudah membuncah tadi, dan Iwan pun langsung bernyanyi bersama Gigi di iringi deru koor para penonton yang terus mengikuti setiap kata dari syair-syair yang dinyanyikan Iwan dan Gigi. Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 17.30Wib, Iwanpun lalu membawakan sebuah lagu penutup yang berjudul “Kebaya Merah” Para penonton begitu khidmat membawakan lagu itu, diantara penonton bahkan ada yang sampai menitikan air mata mendengar nyanyian itu. Konser hari itu pun selesai sudah, tapi banyak diantara para penonton yang tidak puas menyaksikan konser itu, dikarenakan Iwan hanya nyanyi beberapa lagu aja, malah banyakan bintang tamunya dibanding Iwan. Para Penonton berharap Iwan tak lagi menggandeng bintang tamu lagi di setiap konsernya, kami datang jauh-jauh bukan untuk menonton bintang tamu, tapi kami ingin melihat aksi dan nyanyianmu bang, teriak salah satu penonton.

Para

4 Tanggapan to “KONSER IWAN FALS EDISI “TANAH””

  1. ‘ambil hkmah’a ambil indah’a..

  2. Ibiend el Bromocorah Says:

    Mantap kang,
    di tnggu tulisan brikutny kang,
    o’ya skalian dong,
    videony di upload,.
    Salam Oi.
    Damai kami spanjang hari !!!

  3. salam oi bwt penulis,, thx dh nampilin profil nya opals,, dia emang fans paling fanatik bg haji…. di tggu tulisan berikut nya.. wsslam…

  4. GIGI & IWAN FALS musisi kebanggaan Indonesia, sayang penulis sedikit sekali menulis ttg apa yg akan di sampaikan ma bang Iwan. salam dari GigiKit@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: