IWAN FALS TERANCAM DENDA RP. 5 M

Penynyai Virgiawan Listanto alias Iwan Fals diadukan ke polisi oleh rekannya sendiri, Toto Dwiarso Goenarto. Iwan dianggap melakukan tindakan pidana dan melanggar hal cipta yang diatur dalam pasal 2 Ayat 1 atau pasal 49 Ayat 2 Undang-undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Jika terbukti melanggar dan perkara hukumnya sampai ke Pengadilan, Iwan terancam hukuman tujuh tahun penjara dan denda sebesar Rp. 5 Milyar. ”

Hari ini (kemaren) kami melaporkan dugaan pelanggran hak cipta. Yang kami laporkan adalah’ “Iwan Fals,” kata Jon Matias, pengacara Toto Dwiarso, seusai melaporkan Iwan di SPK Polda Metro Jaya, Selasa (20/4/2010).

Laporan Toto Dwiarso atas Iwan itu tercatat dengan nomor LP/1229/IV/2010/Dit Reskrim Sus. Menurut Jon, selain membuat laporan ke polisi, Toto juga akan menggugat Iwan Fals di Pengadilan Niaga.

Jon menjelaskan, masalah ini bermula saat iwan Fals manggung di TV One pada tanggal 16 Oktober 2009. Saat itu Iwan Fals menyanyikan lagu berjudul ,”BENCANA ALAM”. Menurut Jon, lagu yang di rekam tahun 1979 atas nama kelompok Amburadul tersebut ditulis dan diciptakan oleh kliennya, Toto Dwiarso.

Namun, ketika Iwan Fals manggung di Televisi itu nama pencipta lagu yang tertulis dilayar kaca adalah nama Iwan Fals, bukan nama Toto.

Ini sangat mengganggu saya. Sebelumnya, beberapa kali dia (Iwan Fals) menyanyikan lagu itu dan memang tidak ada masalah,”kata Toto. Ia mengaku dirugikan secara materi karena pencipta lagumempunyai nilai ekonomis berupa royalti.

BELUM DENGAR
Sementara itu Iwan Fals belum mendengar berita tentang pelaporan atas dirinya tersebut. Sejak Minggu (18/04/2010), Iwan Fals melakukan Tur sekaligus perjalanan Spiritual ke sejumlah pesantren di Jawa tengah. Juga sekalian mempromosikan album baru’nya. “Mas Iwan belum mendengar laporan itu,” kata Titin, asisten Iwan Fals, ketika dihubungi melalui telepon semalem.

Ia mengungkapkan, Pihak Iwan Fals pernah mengundang Toto untuk membicarakan penyelesaian kasus tersebut. “Namun, Toto tidak pernah memenuhi undangan Iwan Fals. Kapan ketemunya? kalau diundang (Toto) tidak pernah datang, dan hanya mewakilkan pengacara saja.” kata Titim. Sebagai seniman Legendaris, lanjut Titin,Iwan Fals tidak pernah mengaku karya yang diciptakan orang lain. “Mas Iwan kaget, kenapa lagu itu ditulis ciptaannya Iwan Fals. Dia tidak pernah ngaku-ngakulagu itu kok.”ujar Titin yang menduga kesalahan tersebut ada di pihak Televisi.

*diambil dari koran warta kota 21/04/2010

8 Tanggapan to “IWAN FALS TERANCAM DENDA RP. 5 M”

  1. Jangan sampe deh…..

    salam

  2. kayaknya kesalahan ada di pihak televisi

  3. mungkin ne cuma salah paham

  4. zoni indra Says:

    perdamaian…jlan yang terbaik.

  5. roy miling Says:

    Iya.., harapan sy., semoga tdk merugikan dr salah satu pihak, mungkin aja ada kesalahan teknis, atau mis komonikasi antara stasiun dr pihak tv aja kali.

  6. roy miling Says:

    Moga-moga persoalan ini cepat selesaikan dgn secara kekeluargan aja…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: